Calon haji Pontianak, Ada Sebanyak 650 jamaah calon haji asal Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (kalbar), mereka mengikuti manasik haji massal tingkat Kota Pontianak dilaksanakan di Aula Masjid Raya Mujahidin. Wali Kota Pontianak, Manasik haji massal dibuka secara resmi oleh Sutarmidji, dan berpesan kepada seluruh calon haji, agar dapat mengikuti proses manasik haji dengan tekun hingga selesai meskipun diantara mereka sudah ada yang pernah mengikuti umroh atau naik haji sebelumnya. Agar dapat mengulang dan mengingat kembali peraturan dan gerakan ibadah umroh atau haji.

Calon Haji Pontianak Ikuti Manasik Haji

"Saya mohon kepada jamaah calon haji Pontianak supaya selama dalam mengikuti manasik haji benar-benar mendengarkan berbagai saran  yang disampaikan oleh para pembimbing manasik haji, agar selamat dan menjadi haji mabrur saat kembali ke tanah air," terangnya.

Lanjut dia, berpesan agar seluruh jamaah calon haji Pontianak lebih bersabar dan lebih disiplin dalam segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan haji, termasuk dengan menjaga kesehatan dan selalu mengikuti arahan yang fiberikan oleh pembimbing haji.

"Saya berpesan, agar tidak belanja apapun sebelum selesai dalam menunaikan seluruh rukun ibadah haji, terkadang ada saja jamaah yang belum selesai ibadah haji tas sudah penuh dengan belanjaan sehingga kekhusukan ibadah hajinya  pun akan hilang," tegasnya.

Selain itu, dia juga menambahkan, kepada para pembimbing maupun kelompok jamaah calon haji agar memperhatikan jamaahnya masing-masing dan dapat mengarahkan jamaahnya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapakan. "Kepada para pembimbing juga harus memahami karakter masing-masing dari jamaah yang dipimpin olehnya," tuturnya.

Kepala Kantor Kemenetrian Agama (Kemenag) asal Kota Pontianak yakni Jawani mengungkapkan, Pada tahun ini jumlah jamaah haji ada sebanyak 650 jamaah calon haji yang berangkat untuk menunaikan ibadah haji. "Adapun rincian dengan jumlah tersebut yakni terdiri dari 260 jamaah haji laki-laki dan sisanya sebanyak 390 jemaah haji perempuan. Jadi total keseluruhannya sejumlah 650 jamaah calon haji Kota Pontianak terbagi menjadi lima kloter, yaitu kloter 12,13,14,15 dan 16."