Persiapkan fisik dan administrasi bagi kuota tambahan haji. Kemeterian Agama (kemenag) Blora pada musim haji tahun 2017 telah mendapatkan tambahan kuota dengan jumlah sebanyak 136 orang sehingga jumlah jamaah yang diperkirakan akan berangkat menjadi 669 orang. Oleh karena itu, semua jamaah yang diperkirakan akan berangkat pada tahun ini diharapkan dapat mempersiapkan diri baik fisik maupun administrasi agar semua persiapan haji yang dibutuhkan telah siap semuanya dan bisa berjalan dengan lancar. Jelas Muhaimin yang merupakan Kasi haji dan umroh dalam acara sosialisasi kebijakan haji bagi kuota tambahan haji tahun 2017.


Persiapkan Fisik Dan Administrasi Bagi Kuota Tambahan Haji


Muhaimin dalam pertemuan tersebut juga mengatakan bahwa kuota haji by name itu masih harus menunggu kepastian resmi dari Kantor wilayah (kanwil), meskipun sudah bisa untuk diperkirakan dari daftar Siskohat yang sudah ada berdasarkan dengan nomor porsi dari kuota tambahan haji di Jawa tengah yang berjumlah sebanyak 30.225 orang yang akan diberangkatkan di 2017 ini. Oleh karena itu di himbau agar Persiapkan Fisik Dan Administrasi Bagi Kuota Tambahan Haji.

Meskipun kuota resminya by name belum juga ada tapi kami sudah bisa untuk memperkirakan dari nomor urut porsi sehingga jamaah kuota tambahan ini kami undang agar dapat Persiapkan Fisik dan administrasi bagi kuota tambahan haji, tambahnya.

Ada Sebanyak 72 jamaah asal Kecamatan Blora, Tunjungan, Kunduran, Japah, Ngawen dan Todanan juga ikut serta dalam mengikuti sosialisasi kebijakan tersebut pada 13 Maret 2017 lalu dan ada juga 64 jamaah dari Cepu, Bogorejo, Banjarejo, Menden, Randublatung dan kedungtuban pada 14 Maret 2017 lalu dengan membawa kelengkapan berkas administrasi seperti foto terbaru 80 persen wajah, foto copy e-KTP dan Fotocopy BPIH setoran awal.

Selain itu juga, jamaah diminta agar persiapan untuk dapat mengikuti pembuatan paspor di kantor Imigrasi Pati yang waktunya akan ditentukan di kemudian hari dan untuk saat ini sebanyak 295 jamaah sudah melakukan foto paspor di Imigrasi Pati sisanya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"saya mohon kepada bapak/ibu jamaah, dari sekarang agar segera menyiapkan dan melengkapi dokumen-dokumen dalam rangka keberangkatan haji yakni kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Keluarga dan buku nikah/ijazah/akta kelahiran. Persyaratan tersebut dilakukan untuk pengurusan paspor ke kantor imigrasi, terangnya.

Muhaimin juga menyampaikan beberapa hal lagi bahwa jamaah diharapkan untuk bisa menjaga kondisi kesehatan diri karena fisik merupakan hal terpenting yang diperlukan dalam menenunaikan ibadah haji karena nanti juga akan ada pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan oleh tim medis Kabupaten.

Terkait dengan calon haji yang sudah berusia lanjut, berdasarkan dengan kebijakan PMA 75 tahun 2017 untuk lansia yang memiliki usia 75 tahun memang sudah bisa diusulkan untuk diberangkatkan lebih awal dengan tetap melakukan pertimbangan kuota serta nomor urutan pendaftarannya.

Hal lainnya yang disampaikan darinya bahwa calon jamaah kuota tambahan haji juga diminta agar melakukan bimbingan manasik di wilayahnya masing masing seperti as Shofa, Muhammadiyah, as Samir dan lain sebagainya karena pihak Kemenag maupun Pemerintah Kabupaten Blora hanya akan memberikan bimbingan sebanyak 6 kali manasik haji di KUA dan 2 kali di tingkat Kabupaten dan pemerintah kabupaten juga akan turut membantu dalam transportasi dari daerah ke embarkasi Solo maupun sebaliknya. paket umroh murah