Pertemuan jamaah umrah dan haji, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama yakni Sri Ilham Lubis meminta kepada seluruh petugas haji, terutama petugas bagian keamanan dari TNI dan Polri yang harus bersiaga penuh dalam membantu jamaah haji saat beribadah. Hal itu dikarenakan pada gelombang jamaah umrah dan jamaah haji dari seluruh dunia akan saling bertemu sehingga menimbulkan kepadatan yang sangat luar biasa."Sebab Arab Saudi telah menargetkan sebanyak-banyaknya jamaah umrah pada tahun ini," ungkapnya saat memberi pembekalan pada petugas haji Arab Saudi 2017 di Asrama Haji Pondok Gede.

Waspadai Pertemuan Jamaah Umrah dan Haji 2017 Ini

Namun dengan begitu, Sri juga menambahkan, kepada seluruh jamaah tidak perlu khawatir akan terjadinya pertemuan jamaah umrah dan haji 2017 ini, karena saat kedatangan jamaah umrah, jamaah haji Indonesia juga akan berangsur pulang secara bertahap. Batas waktu untuk kedatangan jamaah haji dimulai pada 1 Dzulqa'adah dan berakhir pada 4 Dzulhijjah (closing date). Jadi bagi jamaah yang akan menggunakan penerbangan Saudi diberi waktu closing date pada 6 Dzulhijjah.

Pada musim haji di tahun ini akan terjadinya pertemuan jamaah umrah dan haji, adapun waktu yang telah ditentukan bahwa pada 27 Juli atau 4 Dzulqa’adah 1438 Hijriyah calon jamaah haji Indonesia akan masuk asrama haji pada 27 Juli atau 4 Dzulqa'adah 1438 Hijriyah. Merupakan awal pemberangkatan calon jamaah haji pada gelombang I dari Tanah Air ke Madinah baru akan dimulai keesokan harinya.

Awal pemberangkatan calon jamaah haji pada gelombang I dari Madinah ke Makkah akan dilaksanakan pada 6 Agustus atau 14 Dzulqa'adah. Untuk selanjutnya, pada 11 Agustus atau 19 Dzulqa'adah merupakan waktu batas akhir pemberangkatan calon jamaah haji gelombang I dari Tanah Air ke Madinah.

Awal pemberangkatan bagi calon jamaah haji pada gelombang I dari Tanah Air ke Jeddah akan dilaksanakan pada 12 Agustus atau 20 Dzulqa'adah. Pada 20 Agustus atau 28 Dzulqa'adah merupakan akhir pemberangkatan gelombang I dari Madinah ke Makkah. Sedangkan untuk akhir pemberangkatan gelombang II dari Tanah Air ke Jeddah dilaksanakan pada 26 Agustus atau 4 Dzulhijjah (closing date) Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA).