Aplikasi haji pintar, Aplikasi  haji pintar versi terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dengan melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) merupakan generasi ketiga. Adapun beberapa fitur baru yang melengkapi aplikasi terbaru ini, didalamnya terdapat Alquran, jadwal shalat, informasi ziarah baik pada saat di Makkah maupun Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu update untuk setiap harinya, dan itinerary (rencana perjalanan ibadah haji).

Aplikasi Haji Pintar Versi Terbaru Memudahkan Jamaah

"Pada aplikasi haji pintar versi terbaru ini, telah dilakukan upgrade. Dengan begitu akan memudahkan para jamaah haji selama menjalankan ibadahannya di Tanah Suci," tutur Direktur Layanan Haji Luar Negeri yakni Sri Ilham Lubis.

Selain itu, Aplikasi haji pintar versi terbaru tersebut sudah bisa diunduh di Apps Google Play Store. Sri menuturkan, dalam pengembangan aplikasi ini menjadi bagian upaya dari Ditjen PHU dalam melakukan peningkatan dalam pelayanan kepada jamaah haji. Pengembangan aplikasi yang berbasis smartphone atau ponsel pintar ini diharapkan dapat memudahkan jemaah haji dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji. Sehingga jemaah tidak lagi merasa bingung dan pastinya ibadah akan menjadi lebih khusyu’.

Selain sudah ada panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, aplikasi haji pintar versi terbaru ini juga memuat beberapa informasi tambahan. Informasi tambahan yang dimaksud seperti informasi tahun keberangkatan jamaah haji, lokasi pemondokan di Makkah dan Madinah, informasi konsumsi, rute bus shalawat, cuaca, kesehatan, doa-doa, hingga layanan pengaduan juga terdapat di aplikasi tersebut.

Sri juga menambahkan, bahwa aplikasi ini pertama kali dirilis yakni pada tahun 2015 ini masih akan terus dikembangkan setiap tahunnya. Hingga saat ini, masih ada beberapa data yang juga masih dalam proses pembaruan. Seperti terkait dengan data penginapan, katering, transportasi, dan jadwal penerbangan. "Semoga saja dalam waktu dekat ini untuk keseluruhannya sudah fiks," terangnya.

Jadi, bagi Jemaah Haji yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini sudah bisa mendapatkan aplikasi ini, langsung saja dengan cara mengunduh di google play store dengan kata kunci Haji Pintar 2017.