Embarkasi Batam, Embarkasi Hang Nadim Batam telah dijadwalkan akan memberangkatkan sebanyak 11.940 orang jamaah calon haji (calhaj) dari empat provinsi pada musim haji 2017 yaitu dari Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat dan Jambi. Untuk seluruh jumlah jamaah yang diberangkatkan pada tahun ini kian bertambah dibandingkan musim haji tahun lalu yang sebelumnya hanya berjumlah 8.911 jamaah, disebabkan karena adanya tambahan kuota haji Indonesia.

Embarkasi Batam Berangkatkan 11. 940 Calon Haji

"Pada  musim haji tahun ini, jamaah yang berasal dari Kepri ada sebanyak 1.286 orang, Riau sebanyak 5.030 orang, Jambi 2.900 orang dan dari Kalimantan barat 1.510 orang," terang Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Subadi.

Selain itu juga, embarkasi Batam juga ikut serta memberangkatkan sembilan orang Panitia Pelaksana Haji Daerah dari Kepri dengan jumlah 34 orang dari Riau, 19 orang dari Jambi dan 17 orang lagi dari Kalbar. Jadi untuk jumlah keseluruhan dari Petugas Kelompok Terbang (Kloter) pendamping jamaah yang akan diberangkatkan ada sebanyak 135 orang. "Secara keseluruhan jamaah yang akan diberangkatkan dalam 27 kloter," tutur dia.

Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) sudah membagi jadwal keberangkatan di setiap provinsi. Untuk kloter pertama akan diisi oleh jamaah asal Kepri, kemudian kloter 2 hingga 10 diisi oleh jamaah asal Riau dan Kloter 11-16 akan diisi jamaah asal Kalimantan Barat. Selanjutnya, kloter 16-18 akan diisi oleh jamaah Riau, kloter 19 diisi oleh jamaah Kepri. Lalu, Kloter 20-26 diisi oleh jamaah Jambi dan Kloter 27 diisi jamaah asal Kepri. "Jamaah haji asal Riau juga ada yang diberangkatkan bersama-sama dengan kloter 26," jelas dia.

Sementara ini, masih serupa dengan tahun lalu, dimana untuk seluruh jamaah asal Jambi hanya memanfaatkan Batam yang akan dijadikan sebagai Embarkasi Antara. Ada sebanyak 2.900 orang calon haji Jambi yang tidak akan menginap di Asrama Haji Batam, melainkan mereka hanya singgah di Bandara Hang Nadim Batam saja untuk melanjutkan perjalanan menunju ke Tanah Suci.

Ia menyatakan bahwa, pihak dari PPIH telah mempersiapkan berbagai hal penting untuk memberangkatkan seluruh jamaah haji pada musim haji tahun 2017 ini, termasuk diantaranya seperti dokumen, kesehatan, dan asrama.