Siapkan fasilitas kesehatan, Kementerian Kesehatan dari Arab Saudi menyiapkan fasilitas untuk merawat jamaah haji sepanjang musim haji tahun 2017 ini. Pada akun resmi mereka di Twitter, Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah menyiapkan sebanyak 25 rumah sakit untuk musim haji, masing-masing, empat di Arafah, empat di Mina, tujuh di Makkah, sembilan di Madinah dan satu di Raja Abdullah Medical City.

Arab Saudi Siapkan Fasilitas Kesehatan Khusus Jamaah Haji

Setiap rumah sakit memiliki sejumlah 5.000an tempat tidur. Termasuk, 500 unit ruang perawatan intensif (ICUs) dan 500 ruang gawat darurat. Arab Saudi siapkan fasilitas kesehatan khusus jamaah haji yang didukung oleh 155 pusat medis permanen dan musiman.

Selain itu, dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga telah siapkan fasilitas kesehatan di Makkah dan Madina, serta tempat suci yang lainnya guna untuk mengantisipasi tekanan cuaca panas dan sengatan matahari. Kementerian pun juga menyiapkan fasilitas ventilasi, kipas angin penyemprot air dan menambah jumlah tempat tidur untuk di rumah sakit.

Seperti pada musim haji yang sebelumnya, Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah menerapkan program save life atau menyelamatkan nyawa. Di dalam program itu menyediakan layanan kesehatan khusus secara gratis, termasuk membuka operasi jantung, kateterisasi jantung, dialysis darah dan peritonea, endoskopi gastrointestinal, dan kelahiran.

Kementerian juga telah menyiapkan armada  sebanyak 100 ambulan kecil yang akan beroperasi sebagai unit perawatan intensif berjalan. Tujuannya adalah untuk menghadapi keadaan darurat. Serta menyiapkan 80 ambulan besar yang dilengkapi dengan berbagai peralatan sangat baik.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga menugaskan hampir 29 ribu praktisi medis untuk musim haji tahun ini. Kementerian emngungkapkan bahwa siap untuk mengikuti perkembangan kesehatan global terbaru yang bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kementerian Kesehatan Arab Saudi sudah mengeluarkan persyaratan kesehatan bagi peziarah dengan melalui kedutaan dan misi Saudi di luar negeri. Mereka juga meningkatkan kontrol kesehatan di berbagai tempat masuk ke Kerajaan.

Pada saat sebelum musim haji, kementerian sudah melakukan kampanye vaksinasi melawan meningitis dan flu untuk penduduk Makkah dan Madinah, serta untuk peserta program haji.  Tentukan pilihan anda pada biaya umroh  /   biaya umroh 2018  /  biaya umroh 2019