Jamaah haji asal Qatar, Telah memasuki wilayah Arab Saudi dengan jumlah lebih dari 1000 peziarah haji asal Qatar dengan melalui wilayah persimpangan perbatasan Salwa. Masuknya jamaah haji Qatar ini akan terus berlanjut meski Qatar telah menolak mengizinkan Saudi Arabia Airlines membawa jamaah ke Jeddah dari Doha.

Jamaah Haji Asal Qatar Masuki Saudi

Pada 17 Agustus kemarin, Raja Salman telah memerintahkan agar memberikan kemudahan bagi jamaah haji asal Qatar untuk tiba di Arab Saudi. Mereka dipersilahkan masuk ke Arab Saudi dengan melalui pembukaan persimpangan perbatasan Salwa. Berbeda dengan jamaah haji yang lainnya, jamaah haji asal Qatar ini masuk ke Rab Saudi  tanpa harus melakukan pendaftaran izin haji elektronik.

Perintah yang disampaikan oleh Raja Salman agar membuka wilayah perbatasan kepada jamaah haji asal Qatar tersebut itu ditujukan langsung kepada Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, wakil perdana menteri dan menteri pertahanan, Sheikh Abdullah Bin Ali Al-Thani. Dalam keputusan ini menandakan bahwa hubungan historis antara kedua negara tersebut tetap dipertahankan.

Masih terkait dengan layanan jamaah haji, Samapai pada hari ini Rumah sakit di Makkah dan Madinah telah melakukan 1.400 operasi pada peziarah selama musim haji tahun 2017 ini.

Menurut dari data Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, telah dilakukan 147 operasi bypass jantung dan tujuh operasi jantung terbuka antara tanggal 21 Juli dan 22 Agustus. Kementerian tersebut telah menyatakan bahwa sudah ada 901 kasus dialisis ginjal, 42 prosedur endoskopi dan 307 operasi.

Sedangan untuk jumlah kunjungan ke pusat gawat darurat di rumah sakit Makkah dan Madinah sudah mencapai 11.837  kasus. Sementara itu, telah tercatat sudah ada 17.974 pengunjung klinik rawat jalan yang didaftarkan. Ada sebanyak 139.281 jamaah haji yang telah memanfaatkan layanan kesehatan tersebut.

Selain itu, Kementerian tersebut juga telah menyediakan layanan khusus untuk para peziarah secara gratis setiap musim haji yang mencakup operasi jantung terbuka, operasi bypass, dialisis ginjal, endoskopi dan kelahiran anak. dapatkan info umroh akhir tahun |  umroh akhir tahun 2018

Beberapa fasilitas medis di lapangan pada tahun ini telah mencakup 100 mobil ambulans yang telah beroperasi sebagai unit perawatan intensif, di samping disediakan 80 pusat ambulans mobil besar. Kementerian tersebut juga telah menempatkan 29.000 praktisi medis guna bekerja sepanjang waktu di lokasi ziarah tahun ini.