Apresiasi penyelenggaraan haji, Forum Komunikasi (FK) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) memberikan apresiasi selama dalam penyelenggaraan haji 2017. Meski begitu, kekurangan yang masih ada tetap harus dibenahi lagi agar pada penyelenggaraan haji 2018 bisa lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Ketua FK KBIH yakni Qosim Saleh memaparkan, secara riil dalam penyelenggaraan haji di Tanah Air maupun di Tanah Suci pasti ada peningkatan dan perbaikan dari sisi infrastruktur, contohnya saja seperti tenda dan transportasi. Dalam layanan imigrasi, juga kini semakin membaik dengan menggunakan e-Hajj. ''Disisi lain adanya penambahan kuota menambah kerja bagi KBIH,'' terangnya.

Forum Komunikasi Apresiasi Penyelenggaraan Haji 2017

Dengan adanya pertambahan jumlah jamaah, maka bertambah pula masalah yang semula tidak ada. Misalnya saja dari Arafah ke Mina yang semula dapat ditempuh hanya dengan satu jam, kini jadi lima jam karena terjadi kepadatan yang amat sangat. Lalu, Alokasi jamaah haji di tenda hanya berkapasitas 450 jamaah untuk 10 rombongan, tapi tenda pun terbatas. FK tetap berikan apresiasi penyelenggaraan haji 2017 ini.

Hal itu artinya masih ada persoalan yang masih harus dibenahi seperti makanan, agar kejadian keracunan makanan tidak terjadi lagi di tahun-tahun berikutnya. Ini menjadi satu implikasi lain dengan bertambahnya kuota. Sehingga dalam penyediaan makanan kurang mengawasi keamanan dan higienitas. Cuaca yang terjadi pada saat ini juga dapat memengaruhi. Jamaah haji yang wafat karena gabungan kondisi cuaca juga lebih banyak dari tahun 2016. FK apresiasi penyelenggaraan haji.

Untuk persiapan di dalam negeri pada tahun ini dinilai oleh Qosim memang agak terlambat karena pencairan dana bimbingan di KUA terjadi keterlambatan. Saat KBIH sudah melakukan 25 kali bimbingan, KUA baru memulainya, itupun saat Ramadhan.

"Untuk memulai bimbingan itu seharusnya sedini mungkin karena kalau tidak begitu akan berdampak positif kepada jamaah, baik jamaah KBIH maupun non KBIH,'' paparnya.

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIDHU Kementerian Agama yakni Ramadhan Harisman menerangkan, evaluasi dalam penyelenggaraan haji 2017 ini oleh Kemenag bersama dengan Komisi VIII DPR rencananya akan dilakukan pada akhir Oktober atau awal November ini. Pastikan perdaftaran haji anda di travel hajitravel haji 2020 | travel haji 2021 resmi depag.