Muslim Holiday Konsorsium, Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) kini telah meluncurkan Muslim Holiday Konsorsium di ajang Islamic Tourism Expo yang digelar di Kota Kasablanka Jakarta, pada Rabu, 11 Oktober 2017 lalu. dalam peluncuran Muslim Holiday Konsorsium yang dilakukan oleh Chairman IITCF yakni Priyadi Abadi, yang didampingi oleh sejumlah tokoh antara lain Direktur Hajj People Indonesia Bambang Hamid dan Direktur Marketing PT Republika Media Mandiri Ronggo Sadono. Acara tersebut telah dihadiri sekitar 100 travel Muslim/ travel haji umrah dari berbagai kota.

Muslim Holiday Konsorsium Ajak Wisata Muslim

Priyadi memamparkan latar belakang diluncurkannya Muslim Holiday Konsorsium, yang berawal dari keprihatinan karena ternyata masih minimnya travel Muslim yang menggarap pasar wisata Muslim. “Mayoritas para travel Muslim yang ada masih bermain di zona aman saja, yakni hanya dengan menggarap pasar haji dan umrah. Jadi masih sangat sedikit, kurang dari 20 persen, yang melakakan penggarapan pasar wisata Muslim. Akibatnya adalah pasar wisata Muslim yang prospektif dan potensial ini masih dipegang oleh travel umum,” jelasnya.

Ya Paling tidak, lanjut Dia, ada tugas dua pekerjaan rumah (PR). Untuk yang pertama, harus mengubah mind set masyarakat Muslim bahwa travel Muslim hanya dapat menggarap umrah dan haji saja.  Lalu yang kedua, masalah pada sumber daya manusia (SDM) yang trampil dalam menjual wisata Muslim. Itu pentingnya Acara Muslim Holiday Konsorsium ini digelar.

IITCF  sangat concern sekali pada edukasi, saling berbagi dan bersinergi antar sesama travel Muslim, khususnya sama-sama dalam menggarap wisata Muslim.  “Muslim Holiday Konsorsium membuat beberapa paket tour Muslim dan produk tersebut dijual secara bersamaan, sehingga dengan begitu akan lebih efisien dan dapat saling membesarkan travel-travel Muslim yang tergabung dalam konsorsium tersebut,” terangnya.

Tentunya, untuk bisa bergabung dalam konsorsium tersebut, ada beberapa aturan main atau komitmen bersama yang harus dipatuhi. Salah satu yang terpenting adalah harga jual semuanya harus sama, Tidak boleh ada yang menjual lebih murah atau pun lebih mahal dari harga yang telah ditetapkan oleh konsorium. Pada intinya, seluruh travel Muslim yang bergabung dalam Muslim Holiday Konsorium harus amanah,” tegasnya.

Dari Ketua Muslim Holiday yakni Konsorsium Ismanto menuturkan, bahwa pihaknya bergerak cepat setelah Muslim Holiday Konsorsium ini diluncurkan dengan berbagai paket-paket wisata Muslim, Baik inbound (Nusantara) maupun outbound (internasional atau dunia). Tapi, untuk saat ini kami telah menyiapkan sebanyak 20 paket wisata Muslim.

Sedangkan, terkait dengan PR yang kedua yakni SDM, Priyadi menerangkan, bahwa IITCF secara rutin akan mengadakan pelatihan wisata Muslim (edutrip) di dalam maupun luar negeri. Edutrip tersebut dapat diikuti oleh para pemilik travel Muslim, tour leader maupun tour planner. Sebelumnya, sudah Ia lakukan beberapa kali, dengan mengadakan edutrip ke Eropa Barat, Taiwan, Turki, Korea, Thailand dan Garut. Dimana Edutrip tersebut akan terus kami gelar secara rutin dengan beberapa kali dalam setahun.

Islamic Tourism Expo ini diadakan oleh Hajj People Indonesia, yang telah dibuka pada Selasa, 10 Oktober 2017. Dan akan terus berlangsung hingga hari ini, Kamis 12 Oktober.

Direktur Hajj People Indonesia yakni Bambang Hamid mengutarakan,  bahwa Islamic Tourism Expo telah dihadiri sebanyak 20 travel agent umrah haji dan wisata muslim terpercaya,  60 perusahaan hotel, transportasi, catering dan tour operator dari berbagai negara yang ada, tiga bank syariah dan empat maskapai terbaik. “Selain itu juga, turut di hadiri oleh lima  kedutaan dan tourism board negara-negara sahabat,” ungkapnya. 

Di acara tersebut menghadirkan koleksi Al-qur’an Terbesar, Terkecil, Terindah dan mushaf-mushaf Al-qur’an kuno dari berbagai daerah yang ada di Nusantara dan Timur Tengah, serta berbagai macam koleksi seni kaligrafi. “Dalam Islamic Tourism Expo kami menargetkan akan dihadiri minimal 20 ribu pengunjung dalam tiga hari pameran,” ujarnya.

Selama pameran itu terus berlangsung, panitia  akan menyediakan berbagai hadiah yang menarik untuk para pengunjung umum maupun travel agent. Akan ada hadiah umrah di setiap harinya, sepeda motor dan grand prize sebuah mobil. Pameran ini juga terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya alias gratis. Jangan lupa segera daftar hajidaftar haji 2020  | daftar haji 2021 di tempat terpercaya.