Akomodasi haji memuaskan, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis sebuah hasil survei indeks kepuasan jamaah haji Indonesia (IKJHI) selama dalam penyelenggaraan haji berlangsung beberapa waktu lalu, tahun 1438H/2017M. kalau secara umumnya, pada indeks kepuasan jamaah terjadi kenaikkan 1,02 poin dibandingkan pada tahun-tahun yang sebelumnya. IKJHI tahun 2017 ini telah mencapai 84,85 sedangkan IKJHI tahun 2016 ialah 83,83. Dari keduanya itu masih dalam kategori memuaskan. Meski demikian, kalau ditelusuri lebih detail lagi, ada beberapa layanan haji yang indeksnya itu sudah sangat memuaskan. Dalam hal ini, akomodasi haji misalnya, ada tiga aspek layanan yang hasil surveinya itu telah di atas 85.

Tiga Aspek Layanan Akomodasi Haji Memuaskan

Tim Survei IKJHI BPS yakni Wahyudin menerangkan, bahwa kalau dilihat secara lebih rinci lagi, ada tiga aspek layanan akomodasi haji memuaskan dan bahkan sangat memuaskan jamaah haji Indonesia.

Untuk aspek yang pertama itu adalah layanan petugas haji pada saat menyambut dan melepas jamaah haji. Indeks kepuasan ini atas layanan yang sangat memuaskan mereka, hingga mencapai 87,74. “Pencapaian itulah yang menjadi aspek pelayanan dengan kenaikkan indeks tertinggi, hingga mencapai 2.32 point,” katanya.

“Dalam pembekalan yang dilakukan oleh Kemenag kepada petugas sebelum berangkat untuk memberikan motivasi mereka agar dapat memberikan layanan yang terbaiknya,” sambungnya.

Sedangkan pada aspek yang kedua adalah kemudahan dalam mengakses akomodasi untuk menuju ke tempat ibadah. Indeks kepuasan jamaah haji Indonesia dalam layanan ini hingga mencapai 85,11. Pencapaian yang segitu sudah di atas 85 sehingga masuk dalam kategori yang sangat memuaskan.

Dan aspek yang terakhir adalah prihal keamanan dan ketertiban  dengan indeks kepuasan haji hingga mencapai 85.08. “Sebagian dari jamaah haji yang merasakan aman dan layanan ini termasuk sangat memuaskan,” ungkap Wahyudin.

Meski demikian, layanan akomodasi masih ada saja penurunan pada beberapa aspek yang lainnya, yakni mengenai kapasitas kamar, fasilitas hotel (terutama mengenai soal jemuran dan antrian lift yang selalu saja terjadi), serta cara pengaturan kamar.


lihat artikel ini:
harga umroh akhir ramadhan
harga umroh akhir ramadhan 2018