Pembimbing Manasik Haji - Terjadinya peningkatan indeks pelayanan penyelenggaraan haji yang diterima oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI pada beberapa waktu lalu sesuai dengan penelitian diselenggarakan oleh Kementerian Agama di seluruh Indonesia. Demikian ungkapan dari Dirjen PHU yakni H Nizar Ali di dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan sertifikasi Manasik Haji Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di Asrama Haji Bekadi, pada beberapa waktu lalu. Didalam kegiatan itu diikuti sebanyak 100 orang peserta dan berlangsung selama 10 hari yang di mulai pada tanggal 7 – 16 Desember 2017.

Pembimbing Manasik Haji Jabar Telah Bersertifikat

Narasumber yang ikut serta dalam mengisi kegiatan sertifikasi ini tidak hanya berasal dari Kementerian Agama RI tetapi mengundang juga dari instansi lain yang masih terkait dengan penyelenggaraan haji seperti pihak imigrasi, Kementerian Kesehatan dan dosen dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati. Acara kegiatan sertifikasi manasik haji untuk pembimbing manasik haji.

“Alhamdulillah, untuk seluruh jumlah calhaj yang sudah mendapat bimbingan dari pembimbing manasik haji yang akan diberangkatkan pada tahun depan, kemungkinan akan ada kenaikan akibat dari indeks pelayanan haji yang semakin membaik. Akan tetapi, sayangnya untuk fasilitas yang ada di Mina belum memadai sesuai dengan jumlah jamaah. Mudah-mudahan hal ini menjadi bahan evaluasi untuk pemerintah Arab untuk menambah fasilitas,” ujarnya.

Nizar juga mengharapkan, agar dalam kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan serius serta seluruh peserta tidak ada yang tidak mengikuti materi sampai kegiatan selesai. Dengan demikian, seluruh peserta dapat lulus dengan mendapatkan nilai atau predikat baik.

Kakanwil Kemanag Provinsi Jawa Barat 9 (Jabar) yakni HA Buchori menuturkan, bahwa sertikifasi pembimbing manasik haji yang diseleggarakan oleh Kemenag Provinsi Jawa Barat sudah memperoleh sebanyak 716 pembimbing haji yang telah memiliki sertifikasi. Dengan jumlah sebesar itu, diperkirakan sudah mengahasilkan hampir sepermpat dan target Menteri Agama RI.

“Sangat diharapkan sekali dengan adanya sertifikasi pembimbing haji ini maka akan dapat meningkatkan mutu dan kualitas petugas haji sehingga dalam pelayanan penyelenggaraan haji menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan kepercayaan yang penuh dari masyarakat,” papar Buchori.  baca lainnya >> umroh akhir ramadhan murahumroh akhir ramadhan murah 2022