Jarak maksimal, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Madinah sudah melakukan persiapan dalam menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia pada gelombang yang kedua ini yang akan didorong dari Makkah menuju ke Madinah besok, 12 September 2017. Antara hotel Madinah dengan Masjid Nabawi jarak maksimal 600 meter. Pada hari Selasa besok ini, ada sebanyak 16 kloter yang telah dijadwalkan akan tiba di Madinah yaitu tiga kloter dari Embarkasi  (SUB 44-46), empat kloter Embarkasi Solo (SOC 48-51), empat kloter Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKAS 48-51), masing-masing pada satu kloter dari Embrkasi Batam (BTH 14), Embarkasi Palembang (PLM 09), Jakarta-Pondok Gede (JKG 30), Embarkasi Padang (PDG 14) dan Embarkasi Lombok (LOP 01).

Jarak Maksimal Hotel dengan Masjid 600 Meter

Dari Kepala PPIH Daker Madinah yakni Ain Handoyo, memaparkan, bahwa ada sebanyak 109 hotel yang telah di siapkan untuk pemondokan jamaah haji gelombang kedua. Seluruh hotet-hotel tersebut berada di jarak maksimal 600 meter di Ring Road King Faishal.

“Jamaah haji pada gelombang kedua ini ada sebanyak 56 flight yang ditempatkan di bawah jarak maksimal 600 meter,” paparnya.

Dia menagtakan bahwa, terkait dengan persiapan layanan transportasi , pihaknya akan memastikan kondisi atau kualitas bus angkutan dari Makkah ke Madinah. Bagitupun sebaliknya, angkutan dari Madinah ke Bandara Internasional Madinah.

Amin kembali menambahkan, PPIH Daker Madinah juga telah menyiagakan 54 bed lengkap beserta fasilitas medis yang lainnya. Selain itu juga, di tiap sektor akan di dukung dengan dua dokter spesialis, dua dokter umum, ambulans dan dua perawat.

Menurut Amin, bahwa ada tujuh sektor yang ada di Madinah. Lima sektor layanan, atu sector khusus dan sektor hijrah. Sektor hijrah pada gelombang pertama itu beroperasi di Terminal Bir Ali. Sedangkan, gelombang kedua ini beroperasi di Terminal Hijrah untuk melakukan registrasi.

“Pada kelima sektoe ini memiliki layanan kesehatan,” katanya. Layanan yang diberikan bersifat penanganan pertama sehingga bila dinyatakan harus dirujuk lebih lanjut, maka dengan begitu akan direkomendasikan ke KKHI atau ke Rumah Sakit Arab Saudi.

Dia juga menghimbau kepada jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan selama berada di Madinah. Meski kondisi cuaca sudah tidak ekstrem lagi, suhu kini berkisar antara 32 derajat celcius hingga 43 celcius, tetapi tetap harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan diri. Seandainya kondisi tubuh sedang tidak memungkinkan untuk dapat mengerjakan arbain hendaknya tidak dipaksakan. “Jangan sampai kejar sunnah tetapi yang wajibnya ketinggalan,” paparnya. Dapat juga info umroh desember ..  umroh desember 2021