Aplikasi Labbaik, Kini akan hair sebuah aplikasi yang dapat memberikan kemudahan jamaah haji. Dimana aplikasi tersebut yang semulanya itu hanya difungsikan untuk megatasi kemudahan dalam membaca buku panduan. Namun, sekarang aplikasi terut sudah bisa menjawab apapun seputar haji dan umrah. Di dalam aplikasi Labbaik ini, terdapat sebuah fitur yang sudah launching pada 7 Agustus 2017 lalu di versi 2.5 bernama Nur. Dengan melalui Noor, umat Islam dapat menanyakan apapun sekitar haji dan umrah. Dan ini akan menjadi satu Al yang base-nya Muslim.

Aplikasi Labbaik Akan Launching versi baru

Mala menceritakan sedikit awal mula mulai terbentuknya aplikasi Labbaik, awalnya itu saat temannya mengeluh, yang juga sekarang ini telah menjadi tim di Labbaik. Temannya tersebut telah melaksanakan umrah pada tahun 2012, dan biasanya dari Indonesia dibekali dengan buku panduan bersama ada bibingan dari muthaf.

Dan saat disana ketika thawaf, kondisinya masih sangat ramai. lalu dia membuka buku panduan pun sulit sekali karena berdesak-desakan. Lalu, dari muthawaf cukup membantu, akan tetapi ya tidak terlalu banyak. Karena dari sekian banyak jumlah jamaah yang ada, muthawaf berteriak-teriak, sahut-sahutan jadi tidak terdengar jelas. Oleh sebab itulah, dari dua problem tersebut, terciptalah aplikasi Labbaik pada Februari 2014 lalu.

Pada saat itu, produk yang dibuat masih sangat minimum sekali. Sehingga versi 1.0 H tampilannnya pun apa adanya. Di dalamnya itu hanya ada list doa dengan suaranya yang dipenggal-penggal, supaya dapat diikuti oleh jamaah, menggantikan suara muthawaf.

International Halal Lifesyle Expo dan Conference (Inhalec) kembali digelar untuk yang kedua kalinya di Ehibition Balai Kartini Jakarta. Disana banyak berbagai produk halal yang ikut dipamerkan. Salah satunya ialah aplikasi Labbaik, yang fiturnya akan segera ditambahkan agar dapat menemukan jamaah yang hilang di Tanah Suci.

CEO aplikasi Labaik yakni Mala Widyanto memaparkan, bahwa fitur tersebut Insya Allah baru akan launching pada bulan Desember 2017 yang akan datang.  “Saat ini masih menggunakan versi 2.5, pada akhir Desember nanti akan launching yang versi 2.8 dengan penambahan fitur terbarunya, ada messenger sama trackhing,” jelasnya.

Jadi, Mala juga menerangkan, problem awal dalam pembuatan aplikasi Labbaik ini memang sangat sulit saat akan membuka buku panduan ketika mereka sedang thawaf. Kemudian muncul lagi problem lainnya, yakni jamaah yang sering kali hilang. Dengan adanya fitur tracking ini, aplikasi akan bisa melihat dengan icon pemilik akun atau bisa juga di message dengan melalui fitur messenger itu.

Penting sekali bagi jamaah untuk paham dengan aplikasi Labbaik, mendownload dan menggunakannya saat berada di Tanah Suci. Namun, sayangnya, aplikasi Labbaik ini belum melakukan kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemena untuk mencoba mengatasi jamaah yang hilang ketika haji maupun umrah.

“Untuk sementara ini kita masih kerja sama dengan Amphuri saja. kita maunya dan mengasosiasikan ini banyak travel-travel lainnya, nah kita akan memberikan fasilitas kepada travel-travel itu untuk para jamaah. Selain itu, kita juga akan edukasi jamaah soal aplikasi ini agar memberikan manfaat saat berada disana,” jelasnya.

Aplikasi Labaik inu juga dibuat dengan sesederhana mungkin, dengan maksud agar lansia yang sudah sesepuh sekalipun, bisa ikut dalam menggunakan aplikasi ini, Insya Allah dapat memudahkan,” tuturnya.

Amplified Digital Media Production yang meluncurkan aplikasi Labbaik. Dimana aplikasi tersebut dapat berfungsi untuk dapat memberikan berbagai informasi mengenai tata cara dalam pelaksanaan haji dan umrah dan sangat mengaharapkan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan jamaah.

Aplikasi Labbaik terdapat kumpulan doa dan terjemahan. Alikasi memiliki lima fitur yang disajikan dalam aplikasi Labbaik. Pertama, kumpulan doa haji dan umrah serta dilengkapi mulai dari niat, thawaf, sa’I hingga doa ziarah. Yang telah terangkum dalam bentuk audio yang dilengkapi dengan teks Al-qur’an, transliterasi dan translasi.

Kedua, mengenai control kecepatan audio. Jamaah tidak perlu lagi merasa khawatir tertinggal tuntunan dari muthawif. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan control navigasi sehingga pada bacaan doa dapat diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan cara seperti itu jamaah akan merasa memiliki muttawif pribadi yang dapat memandunya dengan perlahan-lahan dan fasih.

Ketiga, catatan doa-doa. Jamaah disana juga bisa mendoakan seluruh kerabat tanpa ada yang terlupa satupun. Fitur tersebut kemungkinan jamaah untuk dapat menyimpan seluruh titipan doa. Dan yang keempat, model dengan bentuk sajian yang simpel disajikan oleh Labbaik. Dalam ibadah Thawaf dan sa’i pun akan lebih mudah dan nyaman. Fitu itu menampilkan keseluruhan doa thawaf dan sa’I dalam satu layar. Dan yang terakhir, Labbaik juga memiliki tampilan yang cukup sederhana dan tidak akan menyulitkan jamaah yang menggunakannya, terutama Lansia. Dapatkan info terbaru seputar daftar umroh akhir ramadhandaftar umroh akhir ramadhan 2021