Masih ada jamaah dirawat, Penyelenggaraan ibadah haji 1438 Hijriyah pada tahun ini akan segera berakhir. Banyak penilaian bahwa dalam penyelanggaraan ibadah haji tahun ini semakin membaik dibandingkan pelaksanaan haji pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses, meski masih ada beberapa catatan yang harus diperbaiki kembali. Sementara itu, Kepala Sub Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah yakni Ika Nurfraida Sholeh menuturkan, bahwa hingga Rabu kemarin, 4 Oktober 2017 tercatat masih ada Sembilan jamaah haji Indonesia yang masih dirawat di KKHI. Di samping itu terdapat 31 jamaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Masih Ada Jamaah Haji yang Dirawat di KKHI

Pada kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah haji Indonesia akan pulang ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada hari ini, Kamis 5 Oktober 2017. Meski sudah memasuki masa akhir operasional haji di Madinah, Ika memberikan jaminan kepada jamaah yang masih dalam masa perawatan akan tetap mendapat perhatian dari pemerintah. Meski operasional haji akan segera berakhir masih ada jamaah dirawat, itu semua tidak menjadi sebuah permasalahan.

Hingga saat ini masih ada jamaah dirawat. Jamaah haji Indonesia yang sakit tapi dianggap layak terbang akan segera dipulangkan ke Tanah Air. Hingga masuk hari ke-14 pemulangan jamaah di Madinah, sudah mencapai 177 jamaah haji dan 16 pendampingnya yang diterbangkan ke Tanah Air.

Lanjut Ika, masih ada jamaah dirawat dan belum memenuhi syarat ikut penerbangan akan diurus oleh tim medis Saudi. Mengenai perkembangan mereka masing-masing juga tetap mendapat pengawalan oleh petugas medis yang berkompeten dalam bidangnya.

Terkait dengan jamaah tanazul (mutasi penerbangan), masih ada empat jamaah tanazul yang berbaring (lying down). Namun, dua diantaranya sudah diterbangkan. Dan dua lainnya akan diterbangkan pada hari ini. Siapkan juga untuk beribadah umroh november ; umroh november 2018

Kepala Seksi Layanan Kepulangan Daker Bandara yakni Julian M Isa Tanjung menjelaskan, bahwa berdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga Rabu kemarin pukul  12.00 WAS (Waktu Arab Saudi), sudah ada sebanyak 491 kloter yang telah diberangkatkan ke dabarkasinya masing-masing. “Total jumlah haji yang telah dipulangkan itu ada sebanyak 195.433 orang an 2.443 petugas haji,” tutupnya. Pastikan daftar haji di travel hajitravel haji 2021 terpercaya.