Daftar tunggu haji Madiun, menunaikan ibadah haji merupakan suatu kewajiban bagi orang yang mampu, karena haji adalah salah satu dalam rukun Islam yang kelima. Kalau sudah memungkinkan pergi untuk menunaikan ibadah haji, mengapa harus ditunda? Menunda atau tidak ingin menunaikan ibadah haji sama halnya dengan mengabaikan sebuah kewajiban, tidak patuh akan perintah Allah SWT. Melanggar perintah Allah, hukumnya itu dosa. Banyak masyarakat Indonesia yang jumlah Muslimnya terbesar di dunia ingin melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Hingga saat ini pendaftaran haji sudah semakin penuh dan padat hingga harus menunggu bertahun-tahun baru bisa berangkat. Semua itu tidak lepas atas izin dan ridho dari Allah SWT.

Daftar Tunggu Haji Madiun Sampai 2039

Daftar tunggu pemberangkatan calon jamaah haji Indonesia asal Kota Madiun, Jawa Timur, ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi saat ini sudah terisi hingga tahun 2039. “Untuk dapat melaksanakan ibadah haji, jika daftar sekarang atau tahun 2017, maka baru bisa diberangkatkan nanti pada tahun 2039. Jadi lamanya daftar tunggu haji Madiun itu sampai 22 tahun sebab sudah sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan, rata-rata untuk jumlah calon jamaah haji Kota Madiun yang akan diberangkatkan hanya berkisar antara 150 hingga 200 orang saja.

Dari pihaknya menilai, dengan sudah panjangnya daftar tunggu haji Madiun tersebut, itu artinya semakin membaik kondisi perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, juga dapat dipengaruhi oleh peningkatan kesadaran masyarakat akan wajibnya tunaikan ibadah haji. Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di Kota Madiun saja, melainkan nasional.

Adapun pada musim haji tahun 2017 ini, yang terdapat 193 jamaah yang telah berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Dari jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada tahun lalu yang hanya ada 120 orang menyusul penambahan jatah yang ditetapkan langsung oleh pemerintah Arab Saudi.

Pihaknya juga berharap penuh, agar pemerintah Arab Saudi akan menambah kembali kuota pemberangkatan haji pada tahun berikutnya. Sehingga dengan begitu dapat memperpendek daftar tunggu haji yang ada. “Berharap dan berdoa mudah-mudahan saja tahun depan kuota jamaah haji untuk Kota Madiun  terus bertambah, sehingga daftar tunggunya dapat berkurang,” paparnya. Ingin daftar haji plus non kuotahaji plus non kuota 2021 langsung berangkat?