Bandara Baru Jeddah – Arab Saudi telah besiap-siap hadapi gelombang kerumunan manusia pada usim haji yang akan datang. Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah sudah siap diresmikan pada bulan depan. Bandara baru tersebut akan menjadi bandara yang terbesar di dunia dan yang paling sibuk dari semua bandara selama ibadah haji. Dengan jumlah manusia yang berjuta-juta berdatangan, otoritas memastikan kepada pengunjung untuk tidak perlu khawatir mengenai soal barang bawaan mereka. Bandara terbesar ini juga memiliki sistem penanganan bagasi penumpang yang canggih sepanjang 34,6 kilometer, yang terhubung dengan sistem keamanan multi-level terbaru.

Bandara Baru Jeddah Akan Diresmikan Saudi

Otoritas akan memberikan sebuah kompensasi jika terjadi kerusakan pada bagasi, hilang atau tertunda. Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) menjelaskan, bahwa sebaiknya mereka datang sendiri ke bandara baru Jeddah dan mengklaim segala masalah yang ada. Keluhan tersebut disampaikan ke kantor khusus penanganan bagasi yang hilang dan mereka akan segera mengurusnya. Bandara baru Jeddah ini juga memiliki beberapa fitur penting untuk dapat membantu mangatasi beberapa masalah yang dihadapi oleh penumpang dan karyawan bandara lama.

Bandara baru Jeddah ini akan menjadi bandara terbesar di dunia dan yang paling sibuk dari semua bandara yang ada selama haji berlangsung. Bandara memiliki kompleks ruang perjalanan dengan luas 810 ribu meter persegi yang dapat memungkinkan seluruh maskapai penerbangan yang ada beroperasi di bawah datu atap.

Selain itu juga, akan ada sebanyak 46 gerbang untuk penerbangan Internasional dan domestic. Termasuk dengan gerbang yang untuk mengakomodasi pesawat besar seperti Airbus A380. Adapun sejumlah 94 jembatan seluler untuk memberikan pelayanan pesawat dengan ukuran yang berbeda dengan dua jembatan per gerbang.

Oleh sebab itulah, penumpang yang ada tidak lagi harus menggunakan bus atau layanan antar-jemput bandara untuk sampai ke pesawat. Bandara baru Jeddah ini juga memiliki menara observasi dengan ketinggian 136 meter, dan merupakan salah satu menara yang tertinggi di dunia. Bandara Internasional King Abdul Aziz adaalah satu-satunya bandara yang paling sibuk di Arab Saudi dan termasuk bandara terbesar ketiga di Kerajaan. Ia pun dikenal sebagai terminlnya para jamaah haji yang khusus dibangun untuk para jamaah pada setiap tahunnya. Bandara juga dapat menangani sebanyak 80 ribu penumpang dalam satu waktu.

KAIA baru ini juga memiliki sebuah masjid yang dapat menampung sebanyak 3.000 jamaah dengan halaman luar untuk shalat di area ada seluas 2.450 meter persegi. Sedangkan, di samping lantai atas sebagai area shalat kaum wanita yang dapat menampung sekitar 700 orang. Bandara ini juga dapat melayani sebanyak 70 pesawat dengan jembatan bergerak dan tempat parkir di sekitar kompleks terminal yang dapat menampung 28 pesawat. Proyek bandara juga memiliki sistem kereta api otomatis untuk transportasi penumpang internasional di dalam kompleks aula.

Adapun selainnya, tersedia pula tempat parkir mobil sementara di empat lantai yang mampu menampung sebanyak 8.200 kendaraan. Tempat tersebut nantinya akan dilengkapi dengan perangkat elektronik untuk memungkinkan pemilik mobil mengetahui lokasi parkirnya. Selain itu, juga akan ada parkir jangka panjang untuk sebanyak 4.356 mobil. Pekerjaan kontruksi di bandara KAIA sudah dimulai sejak tahun 1974 dan diselesaikan pada tahun 1980. Kemudian, pada tanggal 31 Mei 1981, bandara dibuka untuk dinas setelah diresmikan pada April 1981.