Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambangi Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah. Pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi Pada, Ahad, 20 Maret 2022. Keduanya membahas masalah kuota haji RI tahun ini.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi. Saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," ujar Yaqut lewat keterangan tertulis.

Dalam pertemuan itu, Menag Yaqut mendiskusikan jumlah kuota haji Indonesia. Ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jemaah yang sudah menunggu dan rindu pergi ke Tanah Suci.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," tuturnya. "Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuota bagi jamaah Haji indonesia tahun ini".

Menanggapi hal tersebut, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa pihaknya juga terus melakukan persiapan untuk membuka kesempatan jemaah luar Saudi beribadah haji.

Adapun terkait masalah kuota, lanjut dia, hal itu menurutnya bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah saja. Proses pengambilan keputusan tentang kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Tawfiq F Al-Rabiah juga menjelaskan bahwa jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. tidak hanya indonesia saja tetapi negara lain juga menunggu kepastian perihal kuota haji.