Diprediksi Badai Petir Wilayah di Arab Saudi Jamaah Umroh Diminta Hati hati - Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil mengimbau masyarakat dan para peziarah untuk tetap waspada dan berhati-hati. Prakiraan cuaca mengatakan bahwa badai petir akan melanda sebagian besar wilayah Arab Saudi dari Ahad hingga Kamis. 


Menurut Direktorat, beberapa wilayah Kerajaan akan mengalami hujan sedang hingga lebat. Ini akan terjadi di Taif, Maysan, Adham, dan Al-Ardiyat di Makkah, serta di wilayah Asir, Jazan, dan Al-Baha. Hujan lebat, hujan es, dan bahkan badai pasir dapat terjadi pada hari-hari tersebut.





Selain itu, otoritas yang relevan menyatakan bahwa akan terjadi hujan ringan hingga sedang, disertai dengan badai debu di beberapa kota. Di antaranya adalah Makkah, Al-Jamoum, Al-Kamil, Qunfudhah, dan Allaith di wilayah Makkah serta di wilayah Najran, Al-Baha, Madinah, dan Asir. 



Pertahanan Sipil kemudian meminta orang untuk tetap berada di tempat yang aman. Mereka juga berharap untuk menjauhi beberapa lokasi, terutama lembah yang rawan banjir dan rawa air. 



Selain itu, orang-orang di daerah tersebut diminta untuk menghindari berenang di rawa-rawa. Ini disebabkan fakta bahwa tempat tersebut tidak pantas untuk dijadikan tempat berenang dan dapat menimbulkan bahaya. 


Terakhir, masyarakat diminta untuk mengikuti petunjuk yang telah diumumkan oleh direktorat di media dan situs jejaring sosial. 


Doa untuk mencegah badai


Dianjurkan untuk membaca doa dan berlindung kepada Allah SWT saat menghadapi cuaca buruk karena angin kencang, badai, maupun petir adalah peristiwa yang tidak dapat dikontrol oleh manusia. 


Menurut buku Mahmud Asy-Syafrowi berjudul Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian, Rasulullah SAW telah mengajarkan doa saat cuaca buruk.


1. Doa ketika hujan lebat


اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.


Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR Bukhari).



2. Doa ketika angin kencang


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ  مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً وَلَا تَجْعَلْهَا عَذَابًا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رِيَاحًا وَلَا تَجْعَلْهَا ضَرُوْرَةً.


Allâhumma innî as'aluka khairahâ wa khairamâ fîhâ wa khairamâ ursilat bih, wa a'ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ fîhâ wa syarrimâ ursilat bih. Allâhummaj'alhâ rahmatan wa lâ taj'alhâ 'adzâban. Allâhummaj'alhâ riyâhan wa lâ taj'alhâ dharûratan.



Artinya: "Wahai Tuhanku, aku minta kepada-Mu kebaikan ini angin, kebaikan barang yang ada di dalamnya, dan kebaikan barang yang diutus melaluinya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan ini angin, kejahatan barang yang ada di dalamnya, dan kejahatan barang yang diutus melaluinya. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin rahmat dan jangan jadikan ini sebagai angin siksa. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin manfaat dan jangan jadikan ini sebagai angin bahaya." (HR Muslim).


Ada bacaan lain yang bisa dibaca Muslim ketika hujan turun. Dalam salah satu riwayat, istri Rasulullah SAW Aisyah RA, juga pernah mendengar Nabi Muhammad membaca doa hujan dengan harapan hujan yang diturunkan dapat bermanfaat.


Bacaan doanya adalah:  


اللَّهُمَّ صَيِّباًنَافِعاً 


Allahumma shoyyiban nafi'an


Artinya: "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat."




3. Doa ketika Melihat Petir


اَلًلهُمَ لا تقتلنا بغضبك ولا تهلكنا بعذابك وعافنا قبل ذلك


Arab-latin: Allahumma la taqtulna bighadhabika wala tuhlikna bi'adzabika wa 'afina qabla dzalika.


Artinya: Ya Allah, janganlah kau bunuh diriku dengan kemarahan-Mu, dan janganlah kau rusak diriku dengan siksa-Mu, dan maafkanlah aku sebelum semua itu. 


paket umroh agustus 2025

paket umroh plus turki dan dubai 2024

tabungan haji onh plus bsi

umrah ramadhan 2024

umroh plus mesir dan turki

cara bikin travel umroh

travel umroh cikarang

umroh full ramadhan 2025

biaya onh plus 2024

onh plus 2024

paket umroh januari 2026

biaya haji plus 2023 dalam rupiah

biaya haji plus bsi

biaya umroh ramadhan 2024

cara membuat travel umroh

paket umroh plus turki 2025

paket umroh ramadhan 2024

sudah daftar haji reguler pindah ke haji plus

umroh ramadhan 2024

biaya haji plus dalam rupiah

franchise tour and travel

paket umroh murah 10 juta 2024

syarat buka cabang travel umroh

travel haji plus terbaik di jakarta

biaya umroh 7 hari

harga paket tour turki 5 hari

umroh awal ramadhan 2024

alhijazindowisata

harga umroh 2025

travel umroh muhammadiyah