Travel haji dan umroh masih memiliki segmen pasar yang berbeda pada saat ini tapi Umroh mandiri apakah jadi ancaman Travel??

Menurut Ade Marfuddin, pengamat haji dan umroh Indonesia, umroh mandiri belum menjadi ancaman bagi perjalanan haji dan umroh dalam dua hingga tiga tahun mendatang.


Beberapa waktu lalu, dia menyatakan bahwa travel haji dan umroh tidak terlalu mengancam bisnis mereka karena umroh mandiri memiliki segmen pasar yang berbeda.





Ade menemukan bahwa 70% jamaah umroh tetap memilih travel umroh sebagai pendamping ibadah mereka. Mereka biasanya orang berusia 45 hingga 50 tahun atau generasi milenial yang baru pertama kali umroh.


Namun, generasi milineal, yang lebih melek teknologi dan sering bepergian ke luar negeri, biasanya memilih umroh mandiri. 


Bagi para umroh Mandiri, literasi digital sangat penting karena membutuhkan kemandirian dalam hal ibadah dan layanan pribadi seperti tempat tinggal, transportasi, dan makanan.


Regulasi Indonesia menghalangi pertumbuhan umroh mandiri karena segmen pasar yang masih luas. Karena perjalanan haji dan umroh harus memiliki jaminan keamanan dalam hal perjalanan berijin.


Namun demikian, Saudi sendiri telah mengakui kebijakan ini melalui aplikasi Nusuk. Dengan demikian, pemerintah atau entitas mana pun tidak perlu menghentikan jalur umroh mandiri ini.


Tidak ada alasan untuk menakutkan peserta umroh mandiri karena umroh mandiri sudah menjadi kebutuhan modern. Yang lebih penting, travel ini harus berinovasi agar peserta tetap dapat menggunakan jasanya.


Untuk membantu orang yang belum tahu atau kurang mengenal ibadah, inovasi ini bisa berupa peningkatan layanan manasik atau bimbingan umroh Layanan travel akan membantu.


Tak hanya itu, travel juga dapat membantu jamaah dengan menawarkan bimbingan dalam penggunaan aplikasi Nusuk. Tentu saja, layanan edukasi ini akan memiliki nilai lebih daripada umroh mandiri.


Meskipun demikian, Ade mengakui bahwa untuk jamaah yang lebih berpengalaman, biaya umroh mandiri lebih murah daripada menggunakan travel karena, misalnya, saat menginap, jamaah dapat memilih hotel sementara makanan mereka dapat dipilih dari warung atau menu yang mereka sukai.


Berbeda dengan menggunakan jasa travel, tentu akan ada biaya lebih. 


Hal ini menurut Ade wajar karena jamaah yang memilih umroh mandiri merasa lebih mahal karena biaya jasa. Mengurus dokumen dengan bantuan orang lain memerlukan biaya yang lebih besar daripada mengurus sendiri,   kesabaran ini yang harus dirasakan sendiri.

 

jadwal umroh alhijaz 2024

jadwal umroh alhijaz 2023

umroh akhir ramadhan 2024

biaya haji plus 2024 dalam rupiah

umroh ramadhan 2024

biaya haji plus dalam rupiah

biaya haji plus bsi

travel haji plus terbaik di jakarta

biaya haji plus 2023 dalam rupiah

biaya haji plus

biaya haji plus 2024

berapa biaya haji onh plus

berapa biaya haji plus 2024

biaya haji plus 2023 langsung berangkat

biaya haji plus langsung berangkat

biaya haji plus tanpa antri

berapa biaya haji plus langsung berangkat

berapa biaya haji plus 2023

biaya haji plus berapa

berapa biaya haji plus sekarang

berapa biaya haji plus

biaya haji plus 2023

berapa biaya naik haji plus

travel umroh jakarta