Haji dan umroh adalah contoh amalan yang menghasilkan pahala.

Ibadah dan Amalan yang Pahalanya Seperti Haji dan Umroh

Didasarkan pada hadits dari Abu Umamah RA, ada amal ibadah seperti umroh dan haji yang diberi pahala jika dilakukan oleh seorang Muslim.


Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ مُتَطَهِّرًا إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تَسْبِيحِ الضُّحَى لَا يَنْصِبُهُ إِلَّا إِيَّاهُ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ وَصَلَاةٌ عَلَى أَثَرِ صَلَاةٍ لَا لَغْوَ بَيْنَهُمَا كِتَابٌ فِي عِلِّيِّينَ


Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju (untuk melaksanakan) sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji yang sedang ihram. Siapa yang keluar untuk sholat Sunnah Dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya (setara dengan) orang yang berumroh. Adapun menunggu sholat hingga datang waktu sholat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di 'illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih). (HR Abu Daud dan Ahmad)




Dalam hadits ini, Rasulullah SAW memberikan petunjuk tentang keutamaan pergi ke masjid untuk menunaikan sholat berjamaah dan menjelaskan pahala yang diberikan kepada mereka yang terbiasa melakukannya.


Bersuci berarti berada dalam keadaan wudhu dan bebas dari hadas kecil maupun besar. Setelah melakukannya, pergi ke masjid untuk sholat berjamaah akan memiliki pahala yang sama dengan jamaah haji yang sedang ihram.


Keadaan suci saat sholat sebanding dengan memasuki ihram saat melakukan ibadah haji, karena dengan ihram pahala haji menjadi sempurna. Hal ini juga berlaku untuk orang yang keluar untuk mendirikan sholat. Jika dia benar-benar suci, Karena itu, pahala sholatnya menjadi sempurna.


Orang yang melakukan sholat dhuha dengan niat murni akan menerima pahala yang sebanding dengan ibadah umroh.


Dimaksudkan untuk menahan diri dari urusan duniawi selain dzikir dan doa dan tidak melakukan sesuatu yang sia-sia di antara keduanya.


Hadits tersebut pada dasarnya memerintahkan setiap Muslim untuk selalu dekat dengan masjid dan sholat berjamaah di dalamnya.







biaya umroh travel alhijaz

menjadi mitra travel umroh

umroh idul fitri 2025

cara menjadi agen travel umroh dan haji

haji furoda al hijaz

mitra travel umroh

umroh 2026 surabaya

umroh januari 2026

al hijaj

cara menjadi agen travel umroh

cara menjadi agen umroh

franchise travel umroh

paket umroh alhijaz

paket umroh alhijaz indowisata

paket umroh januari 2025

umrah 7 hari

umroh 2025 surabaya

umroh akhir ramadhan 2026

umroh januari 2025

umroh juni 2026

umroh lailatul qadar 2025

al hijaz indowisata

alhijaz indowisata travel umroh haji plus

bisnis travel umroh tanpa modal

bisnis umroh tanpa modal

cara jadi agen travel umroh

jadwal umroh alhijaz 2024

kemitraan travel umroh

menjadi agen umroh

travel alhijaz indowisata

umroh akhir ramadhan 2025