Pemerintah Saudi mengimbau jamaah umroh untuk mematuhi aturan pakaian Islam dan Tidak Jadi Masalah Bagi Travel Soal Aturan Baru Pakaian Jamaah Umroh


Muharom Ahmad, Sekjen Forum SATHU (Silaturahmi Asosiasi Travel Haji Umrah), menyatakan bahwa tidak ada masalah dengan aturan baru pemerintah Arab Saudi mengenai pakaian jamaah umroh perempuan. Menurutnya, meskipun aturan ini tidak ada, jamaah umroh Indonesia telah melakukannya.





Menurut informasi yang diberikan oleh Kementerian Haji Saudi, pakaian jamaah umroh wanita harus longgar, tidak membentuk lekuk tubuh, bebas pernak pernik, dan menutup seluruh tubuh (kecuali telapak tangan dan wajah), maka kami tidak melihat masalahnya.


Hasilnya, Muharom menyatakan bahwa peraturan baru Saudi hanya menegaskan kembali aturan pakaian wanita saat umroh. Memang, itulah yang kami lakukan sejak lama. Misalnya, tidak ada syarat dan Tidak ada alasan mengapa umroh wanita Indonesia harus berwarna hitam seperti yang dilakukan perempuan Saudi.


Peraturan itu mungkin disebabkan oleh munculnya mode pakaian wanita Muslimah yang ketat, yang menunjukkan lekuk tubuh wanita dan penuh dengan ornamen yang mengundang perhatian.


Muhrom menyatakan bahwa setiap jamaah umroh, baik lelaki maupun wanita, harus memaksimalkan pelaksanaan syariat Islam. Ini mencakup hal-hal seperti berpakaian dan berpenampilan, dengan harapan menjalankan syariat Islam secara teratur dalam kehidupan sehari-hari. 

umroh alhijaz 2024

umroh idul fitri 2024

umroh juni 2025

umroh november 2025

alhijaz indowisata tour & travel

cara jadi agen umroh dan haji

jadwal alhijaz indowisata

jadwal umroh alhijaz

jadwal umroh alhijaz 2023

paket umroh ramadhan 2026

umrah ramadhan 2026

umroh alhijaz 2023

umroh awal ramadhan 2026

umroh ramadhan 2026

al hijaz

alhijaz travel haji dan umroh

biaya haji plus 2025

daftar jadi agen travel umroh resmi

jadwal umroh alhijaz 2025

tanda umrah mabrur

umroh alhijaz 2025

umroh backpacker ramadhan 2024

umroh turki 2025

al hijaz tours and travels

biaya umroh 2026

haji plus termurah

komisi agen umroh

onh plus 2025

pt alhijaz indowisata

pt. alhijaz indowisata